Jumat, 08 Mei 2009

DC Chopeer

DC Chopper
Soal :
1. Apakah yang disebut dengan dc chopper atau converter dc-dc?
2. Jelaskan prinsip operasi dari chopper step down?
3. Jelaskan tentang pengendalian modulasi lebar pulsa (PWM) pada suatu chopper?
4. Jelaskan tentang pengendalian modulasi frekuensi pada suatu chopper?
Jawaban :
1. Chopper dc dapat digunakan sebagai trafo dc untuk menaikkan atau menurunkan tegangan dc yang tetap. Chopper dapat dioperasikan pada frekuensi yang tetap atau pada frekuensi yang berubah-ubah. Chopper dengan frekuensi yang berubah-ubah membangkitkan harmonis pada frekuensi variabelnya sehingga untuk mendesain filternya menjadi sulit sehingga hopper dengan frekuensi yang tetap sering digunakan. Konverter dc-dc artinya mengubah tegangan dc yang tetap menjadi sumber tegangan dc yang bersifat variabel.

2. Prinsip Operasi Chopper Step Down :

Ketika saklar SW ditutup selama waktu t1, tegangan masukan Vs muncul melalui beban. Bila saklar tetap off selama waktu t2, tegangan melalui beban adalah nol. Bentuk gelombang untuk tegangan keluaran dan arus beban bias dilihat pada gambar diatas.

3. Pengendalian modulasi pulsa (PWM) pada suatu chopper :
Duty cycle k dapat divariasikan dari 0-1 dengan bervariasi menurut t1, T atau f. maka tegangan keluaran V0 dapat divariasikan dari 0-Vs dengan mengatur k, dan aliran daya dapat diatur.
PWM ini dioperasikan pada frekuensi konstan, dimana frekuensi chopping f (atau periode chopping T) dijaga tetap dan waktu on t1 divariasikan.

4. Operasi Frekuensi yang variabel
Frekuensi chopping f bervariasi. Pada waktu on t1 atau pada waktu off t2 dijaga tetap. Ini disebut modulasi frekuensi. Frekuensi divariasikan untuk batasan yang lebar untuk mendapatkan batasan tegangan keluaran yang penuh. Kontrol jenis ini membangkitkan harmonis pada frekuensi yang tidak bisa ditentukan sehingga akan sangat sulit untuk merancang filter.

1 komentar:

Jangan Lupa berikan komentar anda!!!

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x